Blogroll

manfaat jambu biji

khasiat jambu biji
kita sering mendengar nama buah ini,bahkan di sekitar kita banyak tumbuh dengan subur tanamam ini,tapi sebagian orang masuh belum tau apa keunaan dari buah yang mempunyai nama latin “Psidium Guajava” ini,jambu biji atau sering juga disebut jambu batu atau jambu klutuk
merupakan salah satu jenis buah-buahan yang .berasal dari Brazil,tanaman ini banyak mengandung tanin, quersetin, glikosida quersetin, flavanoid,minyak atsiri, asam ursolat, asam psiodiolat, asam kratogolat, asam ole anolat dan asam guajaverin. Selain itu buah jambu biji juga memiliki kandungan vitamin seperti vitamin A,vitamin B1 dan vitamin C. kandungan lain dalam buah jambu biji adalah kalori, kalsium, hidrat arang, fosfor, zat besi, protein, lemak dan air.

saya akan mencoba menggulas sedikit manfaat dari buah jambu
 1. Menjaga kesehatan jantung
jambu biji dapat di gunakan untuk menjaga kesehatan jantung karena dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara mengendalikan kolesterol dan tekanan darah.
 2. Mencegah kanker
 di dalam jambu biji yang mempunyai  Kandungan antioksidan dan beta karoten dalam jambu biji yang sangat tinggi memberikan khasiat jambu biji yang dapat membantu tubuh memerangi radikal bebas penyebab penyakit kanker.
4. Mencegah diare dan disentri
dalam kehidupan di pedesaan masih banyak orang yang memanfaatkan jambu biji sebagai obat diare  karena di dalam jambu biji mengandung zat pengikat yang dapat membantu mengikat usus pada penderita diare.Khasiat jambi biji juga sangat baik untuk penyembuahn disentri, karena jambu biji memiliki kandungan zat alkaline alami,
5. Menurunkan tekanan darah tinggi
jambu biji sangat bermanfaat bagi mereka yang mempunyai kolsterol tinggi karena mengandung kandungan potassium dalam jambu biji bermanfaat untuk meningkatkan denyut jantung yang teratur,
mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel dalam tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh dan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).
6. Mengatasi batuk dan pilek
mungkin masih belum banyak yang tau bahwa jambu biji dapat di gunakan untuk mengatasi batuk dan pilek,karena sebetulnya jambu biji mengandung  zat gizi yang sangat tinggi seperti vitamin C, potassium dan besi. Kandungan vitamin C tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga melawan berbagai infeksi sehingga tubuh kita terjauh dari penyakit-penyakit seperti flu, batuk, demam dan lain-lain.
7. Perawatan kulit
jambu biji sangat baik ubtuk merawat kulit,khususnya bagi wanita karena jambu biji sangat kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga potassium yang sangat baik sebagai antioksidan sehingga kulit akan tetap sehat segar dan juga bebas dari noda. Kandungan antioksidan ini juga dapat menjauhkan kulit kita dari keriput dan penyakit kulit lain yang berbahaya lainnya.
Selain khasiat jambu biji yang tadi telah disebutkan, khasiat jambu biji yang lainnya juga akan kita dapatkan, seperti mengatasi demam berdarah dengue (DBD), mencegah maag, mengobati luka, mencegah diabetes, sariawan dan ambeien.